31/10/14

Rahasia Panjang Umur

Ada dua kelompok masyarakat di dunia ini yang dikenal panjang umur sehat sejahtera, yaitu masyarakat Okinawa dan Sardinia. Rata-rata mereka hidup di atas 100 tahun.

Mengapa bisa?

Bukan semata karena mereka banyak makan ikan, banyak mengonsumsi kedelai, jamur, rajin berolahraga, istirahat cukup, dan berbagai perilaku sehat lainnya.

Masyarakat kedua bangsa itu juga memiliki kultur yang sangat menghormati orangtua. Perasaan kecukupan cinta, jiwa yang hangat, dan persahabatan yang erat sungguh memiliki dampak luar biasa bagi kualitas kesehatan dan kesejahteraan kita.

Banyak ahli telah menemukan bukti-bukti tentang kekuatan sentuhan (touching) misalnya. Banyak pakar telah membuktikan efek tertawa bagi kesehatan. Banyak peneliti membuktikan efek menyehatkan dari keterlibatan dalam aktivitas sosial. Semua itu pada intinya memperlihatkan betapa pentingnya interaksi dan relasi yang baik dengan orang lain, yang merupakan kebutuhan dasar manusia.

Masyarakat Barat (Eropa) sampai memiliki National Hugging Day alias hari berpelukan nasional. Bukan mereka penganut free sex, melainkan karena riset telah membuktikan betapa pelukan memiliki efek luar biasa menyehatkan.

Hasil riset antara lain memaparkan, suami istri yang melibatkan cukup pelukan, dekapan, elusan, dan belaian dalam relasi mereka, keterikatan emosinya lebih kuat dibandingkan pasangan yang tidak cukup menerima sentuhan (touching).

Penelitian juga membuktikan bahwa anak yang kurang mendapatkan pelukan atau dekapan dari ayah khususnya, dan juga ibu, tingkat rasa amannya lebih rendah dibandingkan dengan anak yang cukup mendapatkan pelukan atau dekapan orangtuanya. Rasa aman sangat vital bagi perkembangan kepribadian anak.

Mari kita bertanya pada diri sendiri, sebanyak apa kita telah memeluk anak-anak kita? Banyak ayah yang bahkan berhenti menyentuh anak-anaknya setelah si anak masuk sekolah. Dan para ayah kemudian bertanya, Mengapa anak-anak tidak dekat dengan saya? Mengapa anak-anak bisa terjerumus pergaulan yang salah? Saya ini kurang apa? Mungkin kurang memeluk dan mendekap!

Bila seseorang sering Sakit kepala, migrain, sakit maag, sulit tidur, banyak ngemil, merasakan sesak napas, sakit kista, sakit kanker, mengalami gangguan jantung, mudah menyerang orang lain (secara verbal maupun fisik) , senang melihat orang lain celaka, tak peduli orang lain sakit hati, mengejar perhatian lawan jenis, maka...

mungkin dia: Tidak cukup mendapatkan cinta Tidak cukup mencintai diri sendiri Tidak cukup mendapatkan perhatian dari pasangan Tidak cukup memiliki kehidupan seksual yang menyenangkan.(gayahdpsht)

 

tag : Rahasia umur panjang, sehat, umur panjang, berpelukan, cinta, tertawa, sehat sejahtera kesehatan, sehat.

18/09/13

Kesalahan Fatal Saat Diet

Vemale.com - Lingkar pinggang mengecil, berat badan menyusut, banyak orang yang mengagumi tubuh baru Anda yang lebih langsing. Diet Anda berhasil, Anda pasti senang karena sudah berjuang keras untuk ritual ini. Menjaga tubuh yang lebih langsing menjadi target baru Anda.

Wow... apakah Anda sudah melakukan diet yang benar? Tidak semua wanita melakukan diet sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tubuhnya, bahkan banyak wanita yang asal diet saja tanpa memerhatikan faktor kesehatan yang menyertai diet yang mereka lakukan. Hmm... pikirkan lagi dampaknya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan berusaha keras untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang Anda. Dengan alasan kesehatan ataupun kecantikan, boleh-boleh saja. Tetapi jangan sampai diet yang Anda tujukan agar lebih sehat justru menjerumuskan Anda dalam masalah kesehatan.

Inilah beberapa kesalahan berbahaya yang sering dilakukan para pecinta diet yang tidak sehat.

Membiarkan Rasa Lapar

Ada anggapan yang sangat salah bahwa tubuh Anda akan mengolah lemak pada saat lapar. Anggapan salah ini sering membuat seseorang membiarkan rasa lapar yang datang selama berjam-jam, dengan harapan akan banyak lemak yang diolah. Tubuh Anda tidak semudah itu membakar cadangan lemak, membiarkan tubuh lapar dalam waktu yang lama akan mengganggu metabolisme Anda.

Valerie Berkowitz, M.S., R.D. direktur nutrisi Centre for Balanced Health di New York City seperti dilansir oleh Men's Health Amerika mengatakan bahwa persediaan gula darah Anda akan menurun setelah 4 jam tanpa asupan makanan. Jadi rasa lapar adalah sinyal alami bahwa tubuh Anda memerlukan asupan untuk menghasilkan gula darah.

Orang yang lapar dan menahan rasa laparnya cenderung memakan snack ringan yang tidak mengenyangkan tetapi memiliki kadar kalori yang banyak. Daripada menahan lapar, manjakan tubuh Anda dengan buah-buahan segar seperti apel, bengkuang, atau berry segar. Semangkuk sayur juga baik untuk menahan rasa lapar Anda.



Meniru Diet Orang Lain


J-Lo boleh jadi menjadi acuan Anda untuk membentuk tubuh indah bak biola Spanyol. Program diet J-Lo bisa Anda temukan dengan mudah pada situs-situs kesehatan dan kecantikan. Mungkin tidak terlalu sulit bagi Anda untuk menirunya. Tetapi ingat, J-Lo dan para artis melakukan semua diet itu di bawah pengawasan tim ahli, sedangkan Anda?

Setiap tubuh memiliki karakteristik yang berbeda. Belum tentu diet yang dilakukan J-Lo cocok untuk tubuh Anda. Belum tentu diet yang dilakukan sahabat Anda sama ampuhnya bila Anda lakukan. Jika Anda alergi bila mengonsumsi banyak protein, mengapa memaksakan diri diet tinggi protein? Itu akan menyiksa tubuh Anda.

Menjauhi Semua Lemak

Lemak adalah momok yang menakutkan dan jahat. Bila Anda berpikir demikian, Anda salah besar. Pendapat itu salah karena tidak semua lemak jahat dan menakutkan. Tubuh Anda tetap memerlukan lemak baik yang bisa Anda konsumsi dari lemak nabati dan lemak yang berasal dari produk laut.

Menjauhkan diri Anda dari semua makanan berlemak bukan keputusan yang bijak. Untuk mengetahui mana lemak baik dan lemak jahat, Anda bisa membacanya pada artikel Lemak Tidak Selalu Jahat. Jadi, bersahabatlah dengan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Terpaku Pada Menu Yang Sama

Diet Anda berhasil setelah mengonsumsi menu sehat yang sama setiap hari. Menu yang sama... apakah itu hanya tahu rebus tanpa rasa, semangkuk sayur bayam bening dan susu rendah lemak? Padahal tubuh Anda memerlukan berbagai asupan nutrisi yang banyak dan itu didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan yang berbeda.

Tidak salah jika Anda ingin sehat, hanya saja, tetaplah berpikir rasional. Apa jadinya jika Anda hanya mengonsumsi apel dan tahu rebus tanpa rasa selama berbulan-bulan? Tahu rebus memang sehat, tetapi bila hanya itu yang Anda konsumsi, bagaimana Anda memberi asupan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang tidak dimiliki sepotong tahu rebus?

Come on, Ladies! Sepotong ayam kampung yang dikukus dengan bumbu merica, bawang putih dan diberi taburan seledri tidak akan menaikkan berat badan dan melebarkan pinggang Anda. Segenggam kacang tanah rebus dalam sehari juga tidak akan menaikkan ukuran baju Anda. Jus alpukat yang Anda olah sendiri dengan sedikit madu baik untuk jantung Anda.

Yang harus Anda perhatikan adalah bahan yang segar dan proses pengolahan yang sehat. Lebih baik direbus, dipanggang atau ditim daripada digoreng atau dibakar. Makanan dengan perasa alami juga tidak berbahaya, mulailah bersahabat dengan bawang merah, bawang putih dan merica.

Jika Anda merasa diet yang Anda jalani melenceng dari jalan yang benar, mulailah perbaiki. Ingat, diet yang benar selalu mengutamakan asupan nutrisi yang sehat. Bentuk badan proporsional adalah bonus bila Anda melakukan diet yang sehat. [Initial]

http://m.vemale.com/kesehatan/7397-kesalahan-fatal-saat-diet.html

16/09/13

4 Rahasia Agar Olahraga Jadi Efektif

Kata banyak pakar kesehatan, kalau ingin ramping selain gaya hidup sehat, juga harus menerapkan olahraga. Hal ini memang tidak terbantahkan, karena olahraga membantu metabolisme tubuh jadi lebih lancar.

"Saya sudah sering olahraga, tapi kenapa berat badan saya tidak naik/turun?"

Mungkin Anda belum mengetahui 4 rahasia agar olahraga jadi efektif bagi tubuh dan kesehatan Anda. Ingin punya bentuk tubuh yang bagus dan sehat? Coba terapkan 4 hal ini.

Frekuensi Olahraga

Agar efektif, Anda perlu tahu frekuensi olahraga Anda. Caranya adalah mengetahui tujuan realistis Anda. Misalnya ingin turun berat badan 5 kg. Pilihlah olahraga yang tepat, cari tahu berapa banyak waktu yang Anda miliki dan berapa kali idealnya Anda bisa melakukan olahraga pilihan Anda dalam seminggu.

Intensitas Olahraga

Sering olahraga tapi kalau tidak intens ya tidak akan menunjukkan perubahan. Pastikan Anda punya target sesuai dengan kemampuan tubuh. Misalnya sudah 3 hari Anda kuat jogging selama 20 menit. Besok, coba tambah menjadi 25-30 menit. Dengan demikian, ada kemajuan dalam olahraga Anda.

Jenis Olahraga

Jangan lupa untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingin membentuk otot ya tidak cukup hanya dengan jalan sehat. Membentuk otot bisa dilakukan dengan latihan beban, Anda juga bisa melakukan senam atau olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Lebih baik lagi bila Anda bisa membuat variasi olahraga agar tubuh Anda tidak jenuh.

Waktu Olahraga

Olahraga itu idealnya dilakukan minimal 30-45 menit, 2-3 kali seminggu. Semua tergantung kebutuhan dan kesesuaian rutinitas yang Anda miliki. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan yang penting untuk menghindarkan Anda dari resiko cedera.

Coba deh Ladies terapkan beberapa syarat penting olahraga di atas. Dan rasakan bedanya dari rutinitas olahraga yang biasa Anda lakukan.

http://m.vemale.com/kesehatan/35451-4-rahasia-agar-olahraga-jadi-efektif.html

28/04/12

Dalam Hitungan Menit, Makanan ini Rusak Tubuh

INILAH.COM, Jakarta - Makanan yang kita makan tidak hanya membuat kita menjadi sehat, tapi juga bisa merusak tubuh kita dalam hitungan menit.

Kerusakan pada bagian-bagian tertentu di dalam tubuh bisa terjadi hanya dalam hitungan jam, bahkan menit. Bahan-bahan yang biasa dikonsumsi sehari-hari lewat makanan dan minuman akan memicu kerusakan, tentunya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, seperti dikutip Dailymail, berikut beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi terus - menerus bisa merusak tubuh dalam hitungan menit.

Gula

Bahkan sebelum ditelan, gula sudah memicu kerusakan pada lapisan enamel gigi karena dalam dua menit bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat di rongga mulut.

Begitu ditelan, 20 sendok teh gula bisa mengurangi kemampuan sel darah putih membasmi bakteri jahat penyebab penyakit hanya dalam 2-5 jam sesudahnya.

Garam

Makanan asin bisa memicu pengerasan pembuluh darah arteri, alias nadi, hanya dalam 30 menit setelah ditelan. Dampak lain dari kelebihan garam adalah terserapnya cairan ke pembuluh darah sehingga tekanannya naik lalu meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Kopi

Setengah jam setelah minum kopi, tekanan dan aliran darah ke otot akan meningkat sehingga menjadi lebih berstamina karena ada pelepasan hormon adrenalin. Sebaliknya, aliran darah ke organ lain selain otot akan berkurang, sehingga mengurangi kinerjanya.

Keju dan makanan yang mengandung lemak jahat

Kandungan lemak jenuh pada keju, biskuit dan jenis makanan lainnya bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah dalam waktu kurang dari satu jam. Dampaknya tentu saja adalah penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung.

Kabar baiknya, lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3 pada kacang-kacangan dan minyak ikan bisa menetralisir efek lemak jenuh.

Rokok

Untuk mencapai paru-paru, asap rokok hanya butuh waktu sekitar tiga detik dan langsung memacu jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah. Tekanan yang meningkat akibat kerja jantung yang berlebihan dapat memicu serangan jantung dan stroke bagi yang punya risiko. [mor]

11/07/11

Kepuasan Hidup Kurangi Risiko Sakit Jantung


INILAH.COM, Inggris - Peneliti membuktikan bahwa rasa puas berkaitan erat dengan penyakit jantung. Semakin puas, semakin kecil risiko serangan jantung.

Depresi dan kecemasan adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Kehidupan yang memuaskan berdampak positif bagi kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan di European Heart Journal ini menguji 8.000 orang PNS di Inggris.

Partisipan yang rata-rata berusia 49, diminta menilai tingkat kepuasan tujuh bidang kehidupan mereka, yang mencakup kehidupan percintaan, aktivitas waktu senggang, standar kehidupan, pekerjaan, keluarga, seks, dan diri sendiri.

Mereka menilai skala kepuasan dari 1-7 (1 sangat tidak puas, 7 sangat puas). Nilai itu kemudian dirata-rata untuk memperoleh angka kepuasan secara keseluruhan. Para partisipan juga diperiksa catatan kondisi kesehatan jantungnya, selama enam tahun.

Hasilnya menunjukkan, semakin tinggi tingkat kepuasan seseorang atas hidupnya sendiri, semakin semakin kecil ia terkena risiko penyakit jantung koroner. Risiko penyakit jantung rata-rata berkurang 13%. Penurunan risiko ini sama antara perempuan dan laki-laki. [mor]

10/07/11

Ingin Jantung Sehat ? Ini Rahasianya..


INILAH.COM,Jakarta - Kebahagian seseorang dalam berbagai aspek kehidupan dapat menekan resiko terkenanya penyakit jantung. Benarkah ?

Para ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitian di inggris menyebutkan mereka yang puas dengan pekerjaan, keluarga, dan kehidupan seks kecil risikonya terkena penyakit jantung.

Seperti dikutip dari My Health News Daily, Penelitian ini dilakukan ilmuwan Harvard dengan melibatkan 8.000 pekerja di Inggris.

Para responden diminta menjawab 7 pertanyaan seputar keseharian mereka, di antaranya, hubungan percintaan, pekerjaan, penghasilan mereka, keluarga dan seks. Mereka diminta memberi nilai tingkat kepuasan dari skala 1 sampai 7.

Setelah itu, para peneliti melihat rekam medis mereka selama 6 tahun terakhir. Mereka melihat apakah para responden ini pernah sakit di dada mereka, punya gangguan jantung, dan penyumbatan pembuluh darah.

Hasilnya, peneliti menemukan mereka yang puas memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Kunci sehatnya jantung adalah kepuasan dalam hal pekerjaan, keluarga, dan seks.

"Dengan hasil tersebut, faktor psikologi sangat penting bagi kondisi kesehatan seseorang," ujar kepala penelitian ini, Julia Boehm, dari Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat.

26/05/11

10 Makanan Paling Menyehatkan

10 Makanan Paling Menyehatkan
Di posting ini saya hanya ingin memberitahukan 10 makanan yang paling menyehatkan menurut pandangan saya disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Berikut penjelasannya:
Beberapa makanan kaya akan protein atau serat. Sedangkan jenis makanan lain mengandung mineral dan vitamin tetapi miskin protein. Jadi cara untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang penting adalah dengan mengonsumsi variasi makanan. Berikut 10 makanan yang bisa memenuhi
kebutuhan gizi Anda:

1. Alpukat

Memang benar buah ini tinggi akan lemak, tetapi alpukat mengandung lemak tak jenuh golongan monounsaturated (rantai tunggal) yang baik untuk
mengurangi risiko kanker, serangan jantung,dan diabetes. “Alpukat"dibutuhkan untuk meregenerasi jaringan dan darah, menstabikan gula darah
dan bagus untuk penyakit kelainan jantung,” kata Ed Bauman, Ph.D, ahli gizi dari Bauman College. Menurutnya, alpukat juga sumber serat yang baik (11-17 gram perbuah) dan sebagai sumber lutein, jenis antioksidan yang dibutuhkan untuk kulit dan mata yang sehat.


2. Apel

“Satu apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter,” kata Jonny Bowden, Ph.D, penulis buku The 150 Healthiest Food on Earth. Apel memang kaya akan antioksiden quercetin dan catechin, yang akan melindungi tubuh dari kerusakan sel, yang artinya akan mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung, terlebih kalau apel dimakan dengan kulitnya. Penelitian juga menunjukkan apel mengandung lima kali lebih banyak polyphenol dibandingkan dengan daging. Kandungan serat yang terdapat pada apel dan kulitnya juga dua kali lebih banyak dibanding buah lain, seperti anggur, jeruk atau buah persik.

3. Kubis atau Kol

Dalam dunia sayur mayur, keluarga Brassica (brokoli, kubis, bok choy, dsb) termasuk paling diminati. Sayuran ini mengandung zat yang disebut dengan indoles yang menurut riset mampu mengurangi risiko kanker secara menakjubkan. “Mengonsumsi kubis lebih dari satu porsi setiap minggunya bisa mengurangi risiko terjadinya kanker usus pada pria hingga 66 persen,” kata Bauman. Selain itu, kubis juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri dan virus.

4. Ikan dan Minyak Ikan

Rajin mengonsumsi ikan akan membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, alzheimer, stroke, diabetes dan rematik. Selain itu,
variasi lemak yang terdapat dalam ikan juga bisa meredakan gejala depresi. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan agar para orang dewasa mengonsumsi dua ikan dalam seminggu, terutama ikan dari laut dalam, seperti salmon atau sardin yang kaya akan omega-3.

5. Bawang putih

Selain menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga dapat menghambat terjadinya penyumbatan arteri. “Dua atau tiga siung bawang putih perhari bisa mengurangi serangan jantung pada setengah dari pasien penyakit jantung,”. Bawang putih efektif sebagai anti bakteri dan kuman, juga meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stres dan infeksi.

6. Jamur

Jamur telah digunakan sejak berabad lampau dalam dunia pengobatan timur, terutama karena khasiatnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama jamur jenis maitake, shiitake dan reishi.
Bahkan jamur juga banyak dipakai dalam pengobatan tradisional di Asia untuk
terapi kanker karena jamur mampu menangkal efek racun dari kemoterapi dan radiasi. Masih kurang? Studi yang dilakukan ilmuwan Jepang menunjukkan
makan jamur shiitake secara teratur akan mengurangi kolesterol dalam darah hingga 45 persen.

7. Kacang Almond

Almond mengandung serat dan lemak tak jenuh monounsaturated, keduanya
terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut Food and Drug Administration (FDA), mengonsumsi 1,5 ons kacang, termasuk almond, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Meski kacang almond relatif tinggi lemak dan kalori, studi menunjukkan makan kacang almond bisa mengurangi berat badan. Kandungan protein, serat dan lemak tak jenuh di dalamnya akan menimbulkan rasa kenyang.

8. Telur

Telur mungkin adalah sumber protein terbaik di bumi. Ia mengalahkan susu, daging atau kedelai dalam hal kandungan protein. Kebanyakan orang takut makan telur, khususnya kuning telur karena khawatir kadar kolesterolnya naik. Padahal kuning telur mengandung choline yang akan melindungi hati dan fungsi otak. Lagipula, makan telur satu-dua butir perhari tidak terbukti menaikkan kadar kolesterol.


9. Cokelat

Ketika bicara cokelat, semakin pahit, semakin sehat, paling tidak dari sisi kesehatan. Manfaat cokelat berasal dari flavonol dan antioksidan (juga terdapat pada strawberi, anggur merah, dan apel). Sebenarnya, hanya kakao asli yang mengandung flavonols. Jadi pilihlah cokelat yang mengandung kakao lebih banyak (lebih dari 60 persen). Dark cokelat merupakan jenis cokelat yang memiliki kalori lebih sedikit dibanding yang lain. Jika dimakan dalam jumlah secukupnya, Anda akan mendapat manfaat berupa berkurangnya kolesterol jahat (LDL).

10. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin terlengkap dan terbaik diantara semua buah-buahan. Jeruk mempunyai kadar vitamin C yang sangat tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.